Apa itu Seo? Membahas tuntas dunia SEO

Kali ini saya akan membagikan sebuah artikel mengenai Apa itu Seo? Membahas tuntas dunia SEO. Dalam artikel ini membahas seputar SEO dalam rangka seperti tanya jawab berbentuk artikel yang sering ditanyakan para blogger pemula sama seperti saya sendiri. Oke tanpa banyak basa basi kita akan membahas Perkenalan SEO bagi pemula yang baru terjun kedunia blog. Berikut Perkenalan SEO bagi para pemula:

SEO

Apa itu SEO

Banyak sekali dikalangan para blogger menanyakan apa itu SEO? Mahluk seperti apakah SEO?SEO menurut pengertian dalam wikipeda adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Dalam sebuah pengertian kita ambil point terpentingnya yaitu sebuah situs untuk menempati posisi teratas atau halaman pertama dari hasil pencarian atau suatu unsur untuk miningkatkan rangking, mengarahkan lalu lintas dan meningkatkan rayapan mesin pencari. Dalam SEO kalian bukan hanya tentang membangun website atau pun blogspot disearch engine friendly. Ini tentang membuat situs kalian lebih baik untuk orang lain juga dan membuat situs kalian lebih bersahabat dengan mesin pencari atau lebih dikenal sebagai SEO.


Baca juga:

Cara menulis artikel berkualitas
Cara membuat artikel cepat tanpa copas

Mengapa membutuhkan SEO?

Para peselancar banyak sekali merayapi: Google , Bing , dan Yahoo!. Meskipun media sosial dan jenis lalu lintas lainnya dapat menghasilkan kunjungan ke situs kalian, mesin telusur adalah metode utama bagi sebagian besar pengguna Internet.

Mesin pencari atau lebih dikenal SEO adalah seperti lalu lintas jalan raya. Jika mesin pencari tidak dapat menemukan situs kalian, atau merayapi konten kalian ke database, kalian sama saja kehilangan kesempatan yang amat luar biasa untuk mengarahkan lalu lintas ke situs kalian.

Kata kunci atau keyword yang diketik pengguna ke dalam kotak mesin pencarian, membawa nilai yang luar biasa kepada situs kalian. Dalam seni SEO dapat memiliki tingkat pengembalian atau pendapatan yang luar biasa dibandingkan dengan jenis pemasaran dan promosi lainnya.

Mengapa mesin pencari atau SEO tidak merayapi situs saya?

Mesin pencari itu sudah diprogram dengan sesuai algoritma yang telah ditentukan, Jadi mereka berjalan sesuai program yang telah ditentukan dan menjalankannya sesuai program.

Mesin pencari selalu berupaya untuk merayapi situs yang lebih detail atau jelas dalam sebuah deocumentasi yang telah kita tentukan dan mengembalikan hasil yang lebih baik kepada pengguna. Padahal SEO yang bagus bisa membawa ribuan pengunjung, teknik SEO yang salah dapat membuat situs kalian terkubur kedalam seperti kuburan yang sulit untuk dirayapi mesin pencari. SEO juga membantu meningkatkan peringkat sehingga konten kita akan ditempatkan dimana pencari akan lebih mudah menemukannya atau menempatkan dihalaman pertama.

Bagaimana saya melakukan SEO?

Dunia SEO itu tidak mudah tetapi tidak lah seluas yang kalian pikirkan, tergantung pada diri kita sendiri yang memberikan documentasi kepada mesin pencari dan memperkenalkannya kepada mesin pencari, namun kebanyakan orang masih belum tahu.

Bahkan sejumlah pengetahuan kecil pun bisa membuat perbedaan besar dalam nilai SEO tersebut. Belajar SEO gratis tersedia banyak di web atau situs-situs lain yang menyediakannyah, termasuk di blogspot ini kotakinet.blogspot.com. Kombinasikan belajar dengan sebuah praktek langsung adalah hal yang sangat baik ketimbang anda hanya membaca saja.

Karena membaca saja kurang baik dalam memahami mesin pencari, kalian harus memprakteknnya langsung saat belajar SEO. Keinginan kalian untuk belajar dan memahami SEO tidak harus datang kepada orang yang ahli dibidang SEO.Cukup belajar memahami mesin pencari dan melakukan praktek langsung kalian bisa melakukannyah didepan layar laptop maupun komputer.

Baca juga:

Trik seo supaya muncul dihalaman pertama
Cara optimalkan SEO

Berapa lama memahami SEO?

Untuk waktu yang dibutuhkan dalam memahami SEO tidaklah semudah yang diucapkan. KENAPA? karena saya sendiri masih terus belajar dan memahami mesin pencari termasuk para ahli dan para pakar SEO. Dalam dunia SEO sewaktu-waktu algoritma mesin pencari bisa saja diubah tanpa pemberitahuan dan sepengetahuan kita semua.

Jika kalian bertanya apakah pihak google mempublikasikan tentang teknikSEO? saya tidak akan menjawab iyah maupun tidak. Pihak tersebut pernah memberikan informasi seputar SEO akan tetapi tidak 100% melainkan hanyalah cara kerjanya saja dan pihak tersebut bisa dikatakan merahasiakan SEO.

Bayangkan saja jika pihak google memberikan semua informasi mengenai mesin pencari mungkin untuk menduduki posisi pertama atau halaman pertama semua bidang pasti sangatlah susah sekali. Karena banyaknyah dari kita mengetahuinyah, jadi bisa dibilang dalam ilmu SEO atau mesin pencarian kita semua harus berlomba-lomba untuk menduduki posisi yang teratas atau yang terbaik. Mungkin kalian sudah mengerti bukan?

Bagaimana teknik SEO sederhana?

Jika kalian menilai SEO itu adalah salah satu hal yang sulit untuk dilakukan berarti anda salah besar. Nyatanya jika kita bersahabat dengan robot pencarian atau mesin pencarian kita bisa mendapatkan nilai SEO yang baik.

Untuk menjadi sahabat dengan mesin pencarian anda cukup memberikan suatu dokumentasi situs anda atau pun memberitahukan kepada mesin pencarian tentang dokumentasi seputar situs kalian terhadap mesin pencarian. Bisa dibilang teknik sederhana dalam SEO adalah memperkenalkan dokumentasi tentang situs kita dengan sejelas mungkin kepada mesin pencari supaya robot tersebut bersahabat dengan kita dan memberikan posisi yang baik kepada kita

Apakah posisi kita sudah paling atas bisa tergeser?

Jawabannyah adalah iyahhh, Jika kalian berpikir dalam sebuah lomba dan sudah menduduki kemenangan mungkin tidak akan tergeser dan hanyalah menjadi histori kemenangan. tanpa kecuali perlombaan diputaran kedua, akan tetapi berbeda dengan perlombaan dalam menduduki halaman pertama dalam mesin pencarian. Kita yang telah sukses menduduki halaman pertama pun bisa tergerserkan akan tetapi untuk menggantikan posisi pertama tidak lahh semudah yang kita bayangkan walaupun teknik dalam SEO hampir sama percis.

Ternyata ada sebuah teknik yang sangat berpengaruh yaitu sebuah backlink atau jika kita artikan linkbalik, jika kalian memperhatikan sebuah komentar diblogspot banyak sekali komentar yang meninggalkan link blogspot si komentar tersebut. Tujuan mereka menyimpan backlink dan mendapatkan nilai pluss pada SEO.

Apa saja faktor yang memberikan nilai pada SEO?

Jika kalian sudah paham dengan artikel yang diatas salah satunya adalah backlink. Maka saya akan memberitahu faktor yang mempengaruhi SEO saya akan menuliskan satu per satu point yang mempengaruhi tapi tidak menjelaskan satu-satu, mungkin sangatlah panjang sekali maka saya akan menulis point-point pentingnya saja

  1. Judul sebuah artikel atau kata kunci
  2. Gambar atau foto yang sesuai dengan kontent
  3. Panjang sebuah artikel
  4. Kecepatan loading situs kita
  5. Situs mobile friendly
  6. Isi konten yang berkualitas
  7. Klik diserp google
  8. Dan lain-lain...

Lain waktu saya akan menjelaskannya satu-satu dan membuat artikel mengenai point yang diatas. Sebenarnya masih ada lagi point yang harus saya masukan mungkin diartikel berikutnya saya akan membahas satu per satu yang lebih jelas dan mendetail. Saya harap kalian mempraktekannya tanpa menunda nunda lagi karena membaca saja tidak cukup

Manakah situs rekomondasi untuk belajar mendalami SEO?

Jika dari kalian ingin mendalami sebuah mahkluk SEO mungkin hal yang sangat baik untuk dicoba. Mungkin kalian masih mencari situs yang bisa dibilang bagus dan terpercaya dalam menggali ilmu SEO. saya ada rekomendasi situs untuk belajar SEO yang menurut saya bagus bahkan bukan untuk orang yang ingin mendalami saja, orang pemula yang baru terjun saja bisa kalian gali ilmunya. Mau tau situs mana saja yang bisa dibilang bagus dalam sebuah konten. Tanpa basa basi silahkan kalian cicipi satu per satu siapa tahu lebih sreg dihati

    Daftar situs rekomendasi bagi kalian ingin belajar mahkluk SEO

  1. Moz.com
  2. Quicksprout.com
  3. searchenginewatch.co
  4. seobook.com
  5. moz.com/blog
  6. moz.com/rand
  7. blog.searchmetrics.com
  8. cognitiveseo.com

Kesimpulan dari SEO

Kesimpulan dari artikel diatas bisa kita katakan bahwa dunia SEO adalah memahami cara kerja mesin pencarian dan memberikan documentasi situs kita terhadap mesin pencarian. Karena pada dasarnya robot tidak akan mempunyai akal sehat. Mereka hanyalah berjalan dan mengikuti perintah atau program yang sudah disesuaikan dan tips dari saya jangan lupa untuk mempraktekannyah langsung pada saat anda belajar robot pencarian. Saya sarankan kepada kalian untuk mempunyai dua buah blogspot untuk media percobaan dan untuk perbandingan jadi anda bisa melihat perbandingan dengan praktek anda maupun penelitian anda

Itulah artikel yang mengenai Apa itu Seo? Membahas tuntas dunia SEO bagi para pemula, yang sering disebut mesin pencarian atau robot pencarian. Semoga artikel yang saya buat bisa memberikan manfaat kepada kalian semua. Janji saya insya allah akan mengeshare seputar faktor yang mempengaruhi nilai pada SEO. Sampai Jumpa salam sukses selalu

6 comments:

jempingankutu said...

Berarti, ujung tombaknya blog atau website itu SEO ya? Perlu berapa lama buat mahir SEO?

Admin said...

Iyahh gan SEO berperan penting untuk situs kita. waktu yang dibutuhkan tergantung pada daya tangkap kita dan seberapa cerdasnya kita jalan memahami SO

Blogcahti said...

Kebetulan saya juga lagi belajar. Apa ada situs indonesia yang direkomendasikan untuk belajar seo?

WicxDroid said...

Oh bisa langsubg diterapkan di blog :)

Admin said...

digoogle banyak gan kaya mas sugeng, struktur kode, blogdollar dan lain lain tinggal disedot aja gan

Admin said...

@Dhimas NP silahkan langsung terapkan gan.. semoga bisa ngebantu untuk blog nya

Post a Comment