Belajar website dari nol untuk pemula 2017

Apa itu Website?

belajarwebsite

Website menurut wikipedia adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi. Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti Internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat Internet yang dikenali sebagai URL.

Belajar website dari nol untuk pemula 2017. saya rasa Memerlukan waktu yang cukup banyak. Karena dalam dunia website anda harus memperlajari: Html, Css, Javascript dan Php.

Apa itu Html?

html

Html menggambarkan struktur halaman Web menggunakan markup seperti judul, paragraph, table dan seterusnya. Dalam membuat website anda perlu belajar Html untuk akar marcup dalam sebuah situs website.

Html mudah dipelajari anda tidak harus menghapal semua elemen atau pun tag-tag dalam Html tetapi anda cukup membacanya dan praktek langsung ke dalam text editor. Tanpa menghapal script kode akan tetapi anda harus mengulang membaca dan praktek. Ini adalah belajar yang sangat efektif dan baik untuk kalian yang baru terjun kedunia website.

Apa itu Css?

css

Css adalah bahasa yanag memberikan gaya untuk Html diantanya yaitu: memberikan ukuran, memberikan warna, memberikan jenis text yang akan dipilih, mengatur sebuah tata letak dalam sebuah situs dan masih banyak lagi.

Dengan Css anda dapat membuat sebuah situs lebih berwarna dan memberikan gaya tertentu untuk website anda yang lebih baik. Diartikel ini saya tidak akan mengajarkan Css tetapi hanya memperkenalkan Css. Dilain waktu saya akan membuat sebuah artikel mengenai Css untuk anda


Baca juga:

Cara mengoptimalkan Seo pada blog
Baca Juga: Apa itu SEO? Membahas tuntas SEO

Apa itu Javascript?

javascript

Jangan salah, javascript dan java adalah bahasa yang sama sekali berbeda, baik dalam konsep dan desain. JavaScript diciptakan oleh Brendan Eich pada tahun 1995, dan menjadi standar ECMA pada tahun 1997.

ECMA-262 adalah nama resmi dari standar. ECMAScript adalah nama resmi bahasa. Javascript adalah sebuah bahasa komputer atau kode pemrograman yang digunakan pada website agar website tersebut menjadi lebih interaktif dan dinamis. Javascript dapat memberikan website lebih responsive diukuran tertentu seperti hanphone, tablet, deskop dan ukuran yang lebih besar lainnya. Dengan javascript anda dapet mengubah konten Html. Menurut saya javascript mudah untuk dipelajari. Kecepatan belajar tergantung pada anda, saya tidak bisa memastikan semuanya tergantung kepada penangkapan daya ingat anda

Apa itu Php?

php

Php adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam Html. Php banyak dipakai untuk pemograrm situs web dinamis.

Php dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS. File Php dapat berisi teks, html, CSS, JavaScript, dan kode Php.
Kode Php dieksekusi pada server, dan hasilnya dikembalikan ke browser sebagai Html biasa file Php memiliki ekstensi ".php" .. Php sering disebut bahasa untuk mengakser server pada website kita.

Daftar situs lain recomondasi kotakinet

www.w3schools.com

Ini adalah situs favorit saya untuk belajar pemograman website. Saya sendiri kebanyakan menggali ilmu seputar website disitus tersebut. Apa kelebihan w3schools? Menurut saya kelebihan situs ini bisa dibilang situs paling komplit mengenai pemograman website seperti: HTML, CSS, Javascript,PHP, Bootraps Dan lain sebagainya.

Perlu kalian ketahui situs ini berbasis bahasa inggris akan tetapi ada translate tersendiri untuk ke bahasa indonesia. Namun dengan translate jika dilihat dari sebuah suku kata dalama bahasa terjemahan. setiap kata kurang pas jadi bisa membingungkan anda. Jika kalian mencari situs atau media lain yang berbentuk bahasa indonesia yang bisa dibilang baik dalam penyampaianyah, Saya akan menambahkannya pada point sub judul dibawah ini.

www.sekolahkoding.com

Menurut penilaian saya pribadi sekolah koding adalah tempat belajar coding yang sangat bagus yang berbahasa indonesia. Admin sekolah koding bukan lain adalah Hilman Ramadhan. Didalam sekolah koding terdapat artikel yang sudah disajikan untuk belajar dan video untuk kalian yang malas berbaca.

Didalam sekolah koding ada yang gratis dan premium. menurut pendapat saya dari yang gratis kalian sudah mendapatkan informasi yang bagus. untuk lebih lanjutnya kalian bisa coba sendiri

www.duniailkom.com

Duniaikom atau dalam istilah kepanjangannya adalah dunia ilmu komputer. Dalam situs ini kalian bisa belajar salah satu ilmu pemograman website. Bukan itu saja dalam situs ini terdapat artikel lainnya seperti mengenai: Blog, Wordpress, Pascal dan masih banyak lainnya. silahkan kalian coba satu per satu siapa tau cocok dengan hati kalian

Dari artikel ini anda sudah mengerti jenis-jenis bahasa untuk membuat website. Dengan demikian anda sudah mengenal istilah bahasa yang harus digunakan dalam membuat sebuah website. Jika secara mendetail dalam sebuah bahasa website ternyata ada versi terbarunya, bukan berarti ada bahasa baru melainkan update dari pihak bahasa pemograman website untuk lebih baik contoh diantaranya adalah HTML5, CSS3 dan masih banyak lagi. Anda akan memulai belajar tutorial belajar website dari nol untuk pemula dari artikel terbaru saya.

Anda atau kalian akan memulai dari HTML, CSS, Javascript dan PHP. saya sendiri sekarang sudah menginjak PHP. diblogspot ini kita akan sama-sama belajar membuat sebuah website. Jika kalian bertanya kenapa menggunakan sebuah flatform blogspot? bukan website. Perlu kalian ketahui saya sendiri belum familiar dengan bahasa PHP. Jadi untuk sementara saya akan menggunakan blogspot. Insya allah untuk kedepannya saya akan update terus artikel mengenai belajar website dari nol untuk pemula. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian. Jika ada sebuah pertanyaan silahkan ajukan dikolom komentar dibawah yah! Terima Kasih.

Wajib baca!!

Artikel selanjutnya >>>

3 comments:

Pranata said...

kurang paham. masih pemula.

Pranata said...

PHP artinya pemberi harapan palsu wkwkwk

Admin said...

belajar sedikit dikit aja gan. ntar juga ngerti

Post a Comment