Cara mengatasi malas ngoding

Cara mengatasi malas ngoding memang bukan hal yang mudah. Rasa bosan dan jenuh dalam dunia coding mungkin hal biasa. Saya sendiri juga sering mengalami hal tersebut. Lalu bagaimana cara mengatasi malas NGODING?

Artikel ini akan membahas MENGAPA kita jadi malas NGODING? dan bagaimana cara MENGATASINYA?.

malas ngoding

Sebenarnya tidak ada jawaban yang pasti cara mengatasi malas ngoding. Dari sebuah pengalaman sendiri dan dari pengalaman orang lain inilah rata-rata yang menjadi kita malas ngoding.

Penyebab malas ngoding

Rasa malas itu datang pasti ada sebabnya. Sesuatu yang datang dapat menyebabkan sesuatu. Nahh jadi saya bertaya kepada Anda penyebab Anda malas ngoding APA? Silahkan Anda jawab dalam hati Anda. Dan cari permasalahan Anda KENAPA Anda menjadi malas NGODING.

Faktor malas ngoding

Baca juga:

Situs terbaik belajar pemograman
Belajar website dari nol

  1. Tidak mengerti dengan code
  2. Susah untuk dihapal
  3. Terlalu banyak syntax
  4. Mengalami error
  5. Bosan atau jenuh

Tidak mengerti dengan code

Bagi Anda yang baru terjun kedunia coding. Itu hal yang sangat sangat wajar sekali. Anda baru saja mengenal dunia program jadi jangan heran. Cukup jalankan kebiasaan belajar coding Anda.

Jawabannya:

Menurut saya Anda hanya saja butuh penjelasan mengenai code yang tidak Anda mengerti. Tidak harus terburu dalam belajar. Jangan nyerah dijalan gan. Berbagai sumber sudah ada digoogle. Silahkan manfaatkan.

Silahkan Anda bertanya kepada grup atau forum yang sesuai dengan pemograman yang anda geluti dan meminta bantuan mereka perihal code atau script yang tidak Anda mengerti.


Menghapal code

Apa Anda menghapal code atau pun script pada pemograman? dan Anda merasa banyak yang harus dihapal?

Jawabannyah:

Anda salah dalam penanaman belajar PEMOGRAMAN. Belajar pemograman bukan harus menghapal sebuah code atau pun script. Anda cukup pahami maksud dan cara kerja code tersebut!!

Anda lebih baik banyak praktek dan praktek terus. Dengan banyaknya praktek code tersebut akan menjadi mudah di ingat tanpa harus dihapal.


Terlalu banyak syntax

Terlalu banyak syntax apa lagi yang bikin pala pusing, sudah pasti syntax dari berbagai bahasa pasti berbeda. Jangan khawatir. Nikmatin perjuanganmu karena usaha gak pernah bohong.

Jawabannya:

Syntax dari bahasa ke bahasa pasti berbeda. Anda hanya saja belum terbiasa. Dengan seiringnya waktu Anda akan terbiasa dengan hal hal baru termasuk syntax.


Mengalami error

Udah jauh belajarnya? udh jago? tapi kok bisa nemuin eror :v Jangan down atau frustasi. Makanan sehari hari programmer gan. Bukan ngatain atau nyukurin. Yang jelas itu pengalaman saya pribadi juga.

Jawabannya:

Jangan terlalu memaksakan. Silahkan Anda beranjak dari depan layar. Karena Anda butuh istirahat sejenak. Lakukan fresh pada pikiran dan mata. Agar bisa berpikir lebih bersih.


Bosan atau jenuh

Belajar pemograman atau pun coding yang menyebabkan jenuh dan bosan karena ditemani sebuah layar memang hal mutlak terjadi disemua kalangan programmer (jomblo).

Jawabannya:

Hal yang sangat wajar. Kita terbiasa terus mengulang dan mengulang lagi, Anda hanya saja membutuhkan motivasi atau penyemangat agar dunia programmermu terus berlanjut. Saran saya silahkan Anda tonton video seorang programmer yang sukses. Karena programmer bukanlah orang sembarangan. Kita bisa mendapatkan sesuatu yang sangat luar biasa dan tidak dimiliki oleh manusia biasa.

Sekian artikel ini semoga bisa memberi semangat dan motivasi kepada kalian semua. Bila Ada kata-kata yang tidak menyenangkan mohon maaf. Salam berjuang dan salam satu layar.

No comments:

Post a Comment