Teknik seo untuk pemula terbaru

Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas artikel seputar cara mengoptimalkan SEO pada blogspot. Pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel mengenai belajar SEO secara lengkap dan mudah. Mungkin bisa dibilang artikel ini tidak beda jauh dengan artikel sebelumnya.

Perlu kalian ingat bahwa sebelumnya saya sudah menyindir bahwa ilmu SEO itu luas dan tidak semudah itu untuk membuat situs kita jadi lebih bersahabat dengan mesin pencarian. Untuk itu saya akan membagikan ilmu baru saya kepada kalian. Silahkan simak artikel dibawah ini:

SEO adalah bagian terpenting dalam sebuah lalu lintas pengunjung kita. Jika anda baru mengenal atau baru terjun kedunia SEO pasti banyak hal yang harus ditanyakan bukan? Untuk itu saya akan membagikan belajar seo secara lengkap dan mudah kepada anda semua langkah demi langkah.

Pencarian kata kunci

cariankatakunci

Pencarian kata kunci mungkin adalah langkah paling penting sebelum menulis artikel pada blog. Tujuannya agar konten kita lebih relevan dan mendapatkan konten yang berkualitas. Bagaimana cara seseorang mencari penelitian kata kunci? Langkah pertama dan terpenting dalam prosesnya adalah memahami jenis topik yang telah anda tentukan sebelummnya.

Anda dapat menggunakan alat pencarian kata kunci seperti Google Keyword Planner, SEMrush dan alat lainnya untuk melakukan riset kata kunci dan memahami persaingan untuk sebuah kata kunci yang anda akan gunakan untuk mengoptimalkan SEO pada blogspot anda atau flatform lainnya. Alat penelitian kata kunci adalah salah satu item paling penting dalam trik para blogger mengenai SEO.

Baca juga:

Apa itu SEO? membahas tuntas seputar SEO
Cara mengoptimalkan SEO pada blogspot

Optimalkan Kata Kunci

Setelah anda telah mendapatkan daftar kata kunci yang sesuai dengan artikel blog yang akan anda buat. Salah satu kunci untuk menggunakan kata kunci yang tepat adalah menggabungkan kata kunci primer dan sekunder sebagai cara alami. Dibutuhkan sedikit racikan untuk membuat kata kunci pada konten yang dioptimalkan tampak baik. Disini anda harus pandai dalam memahami penggabungan kata kunci yang sesuai topik yang akan ditulis oleh anda.

Kata kunci Long Tail

Sebelumya anda telah memiliki judul atau topik yang telah ditentukan. Misalnya: "belajar membuat website" tanpa tanda kutip. Nah pada kata kunci ini adalah judul bagian kepala pada artikel anda. Kepala judul pada artikel anda kurang lebih memiliki 2 atau 3 kata. Untuk mendapatkan sebuah kata kunci Long Tail anda tinggal menambahkan kurang lebih 4 atau 5 kata pada artikel. seperti contoh pada gambar dibawah ini:

longtail

Pada gambar diatas terdapat kata kunci long tail tambahan. Ini adalah salah satu cara untuk mencari kata kunci long tail atau kata kunci turunan.

Menggunakan Kata kunci Long Tail di konten blog anda adalah salah satu trik para blogger. Kata kunci tambahan adalah kueri penelusuran yang lebih spesifik dan secara alami akan dapat membantu peringkat postingan pada seo anda lebih tinggi di mesin pencarian.

Menambahkan sebuah kata kunci long tail di postingan artikel anda, pastikan anda menggunakan lebih banyak kata kunci tambahan. Maka cobalah untuk bermain dengan kata kunci tambahan atau kata kunci long tail pada setiap artikel yang akan kalian posting. Buatlah sebuah kata kunci long tail tidak jauh dari sebuah topik yang telah anda tentukan. Atau kalian bisa mencari kata kunci tambahan atau long tail percis dengan gambar yang diatas.

Optimasi Tag Meta

Meta tags meliputi Title Tag, Meta Description, dan Meta Keywords. Mengoptimalkan pos anda untuk tag meta yang disebutkan di atas akan membawa anda jauh dalam memastikan posting blog Anda memiliki kesempatan lebih tinggi untuk muncul di mesin pencari saat orang memasukkan kueri penelusuran di seputar topik yang menjadi dasar postingan anda.

Tag meta dalam tanda kutip pendek bisa memberikan dokumentasi blog kita untuk diperkanalkan ke mesin pencari. Yang membuat mesin pencari memudahkan untuk merayapi blog kita dan mendapatkan point plus ranking pada Seacrh Engine Optimization (SEO).

Baca juga:

Menulis artikel secara cepat tanpa kopas
Tips menulis artikel berkualitas

Optimasi Tag H1, H2, H3 dan seterusnya

Bila anda telah menentukan judul postingan yang telah ditentukan yaitu H1. Lalu anda menambahkan sub-sub judul seperti H2, H3. Menurut saya pribadi artikel yang anda buat mendapatkan point plus Seacrh Engine Optimization (SEO). Mengapa? Karena dengan artikel yang mempunyai sebuah sub-sub judul disetiap artikel dinilai memiliki artikel yang lengkap.

Struktur Uniform Resource Locator (URL)

url

Struktur Uniform Resource Locator (URL) untuk situs / blog anda harus relevan dengan tulisan yang Anda tulis dan juga mudah diingat. Meskipun ada pendapat yang bertentangan mengenai apakah kata kunci harus disertakan dalam Uniform Resource Locator (URL)? atau tidak, jika kata kunci secara alami membuat hadir di URL, tidak ada salahnya memasukkannya ke dalam URL. Semua sama, kata kunci atau tidak, pastikan URL dari judul situs kita sama.

Menurut para ahli dalam bidang SEO. Mereka menilai bahwa URL yang sama dengan judul yang telah ditentukan. Mendapatkan point pluss dari mesin pencarian. Mereka beranggapan bahwa mempermudah mesin pencarian untuk merayapi situs kita.

Gambar

Bila anda menaburkan gambar pada setiap artikel anda. Menurut saya itu hal yang wajib anda lakukan. Karena dengan menambahkan gambar, artikel yang telah anda buat bisa memberikan hiasan tersendiri dan memberikan contoh gambaran kepada pengunjung kita.

Sebelum anda menambahkan gambar alangkah baiknya press terlebih dahulu gambar anda. Jika memang gambar yang anda miliki memiliki ukuran besar. Mengapa? Karena dapat memperlambat kecepatan situs anda. Perlu anda ketahui bahwa kecepatan pada situs mempengaruhi nilai SEO.

Tag alt gambar membantu orang menempatkan gambar anda dalam konteks posting atau bahkan kueri penelusuran mereka. Optimalisasi gambar adalah aspek yang tidak banyak disadari sebagian dari SEO. Namun, penting bagi anda untuk mengoptimalkan gambar blog anda sehingga mereka memiliki kesempatan lebih tinggi untuk tampil di mesin pencari.

Bukan itu juga Tag alt memberitahu pengunjung bila gambar tidak berhasil dimuat atau tidak tampil. Tag alt lahh akan mewakili gambar yang tidak tampil dan memberikan informasi seputar gambar tersebut.

Menghubungkan Internal

Menghubungkan situs atau blog anda dengan link. Merupakan langkah penting dalam memastikan pembaca menghabiskan lebih banyak waktu di situs anda. Selain itu, proses penautan internal membantu pembaca mendapatkan lebih banyak informasi di satu tempat tentang topik minat tertentu.

Begitu mereka menyadari bahwa blog anda memiliki banyak penawaran terkait dengan area minat mereka, kemungkinan besar mereka mengunjungi dan meninjau kembali blog anda. Ini juga bisa berarti mereka merujuk ke kontak link yang mungkin mereka mencari informasi serupa.

Teknik ini juga salah satu untuk menaikin trafik pada situs kita. Anda mungkin melihat beberapa link pada setiap artikel saya atau pun link pilihan seperti Populer, Label dan lainnya.

Mobile friendly

Smartphone mobile mendorong lebih banyak pengunjung ke situs kita daripada perangkat lainnya. Menurut sebuah penelitian, sekitar 80 persen pengguna internet memiliki smartphone. Inilah sebabnya mengapa anda harus terlebih dahulu dan terutama pastikan situs anda memiliki tema yang mobile friendly.

Jika anda memiliki situs bagian dari platform blog sama seperti saya, maka penting untuk tema situs anda menjadi tema ramah seluler atau mobile friendly. Jika kalian ingin mencoba mengecek situs anda mobile friendly atau tidak silahkan cek ke situs ini: https://search.google.com/test/mobile-friendly.

Tombol Berbagi Sosial

Tombol berbagi media sosial membantu sang pembaca membagikan tulisan anda di akun media sosial mereka dengan mudah. Untuk itu, anda sangat perlu menginstal plugin yang akan mengaktifkan tombol berbagi sosial.

Anda bebas memilih platform media sosial. Seperti facebook, twitter dan lain-lain. Pastikan Anda mengeluarkan konten berkualitas sehingga pembaca anda secara otomatis merasakan kepuasan dan ingin berbagi konten anda kepada orang lain.

Konon bagi sebagian orang beranggapan artikel yang dishare ke media social mampu menaikan SEO. Semakin banyak orang yang mengeshare artikel yang telah diposting ke media social semakin naik pula ranking situs kita pada deretan mesin pencarian.

Backlink

backlink

Apa itu backlink? Backlink jika kita artikan adalah link balik. Fungsi dari backlink adalah salah satu untuk menjaring para pengunjung disitus lain. Dengan cara menyisipkan alamat situs kita sendiri maka secara teori anda telah membuat sebuah backlink.

Fungsi utama backlink pada SEO yaitu salah satu upaya untuk mendongkrak SEO agar muncul dihalaman pertama. Logikanya seperti ini. Anda mempunyai sebuah toko dan nama toko anda terpampang ditoko lain. Maka secara logikanya situs kita sudah banyak orang kenal. Secara otomatis mesin pencarian menambahkan point pluss pada SEO kita.

Jangan salah sangka dulu. Walaupun penanaman backlink tidak terlihat oleh kasat mata. Asalkan link kita benar-benar sudah tertanam, mesin pencarian mampu membacanya. Karena mesin pencarian jika mengunjungi sebuah situs dia merayapi hampir keseluruhan link yang ada pada situs tersebut.

Baca juga:

Perkenalan seputar dunia website
Belajar membuat website seputar link

Panjang artikel

Panjang dalam sebuah artikel adalah salah satu upaya untuk menambahkan nilai SEO. SerpIQ melakukan penelitian untuk mengetahui panjang rata-rata artikel yang muncul di halaman pertama Google rata-rata artikel yang muncul di peringkat 1 sampai 3 adalah 2500 kata.

Hampir sama dengan cara optimasi tag Heading, dengan artikel yang panjang mesin pencarian menilai bahwa artikel yang kita buat merupakan artikel berkualitas. Karena dari panjang sebuah artikel mesin pencarian menganggap bahwa artikel tersebut sangat lengkap.

Kecepatan situs kita

Sebelumnya kita sudah menyindir bahwa kecepatan situs mempengaruhi nilai SEO. Memang benar kecepatan pada situs mendapatkan point pluss SEO. Ini telah banyak dibuktikan para ahli SEO. Mereka mencoba meneliti membandingakan situs yang lambat dan cepat dengan konten serupa dan mendapatkan hasil bahwa situs yang cepat mendapatkan posisi yang baik dimesin pencarian.

Dengan menggunakan website dengan server hosting yang berbayar. Anda mampu menjaring pengunjung sesuai posisi server hosting anda. Mengapa? Logikanya seperti ini. Pernah kah anda mebandingkan signal pada hanphone anda jika diposisi dekat tower dan jauh dari posisi tower. Ya hasilnya yang dekat dengan tower mendapatkan signal full sedangkan yang tidak mendapatkan signal hanya separo atau bahkan kosong.

Volume klik

Volume klik pada deretan pilihan mesin pencarian mampu mendongkrak nilai rating SEO situs kita. Mengapa bisa? Sebelum saya memberikan bukti .Apakah anda mengenal Moz?

Pada Juli 2014 silam, Rand Fishkin dari Moz melakukan berbagai penelitian seputar SEO. Salah satunya adalah volume klik dari hasil pencarian dalam kata kunci tertentu.

Hasil kesimpulan dari sebuah penelitian tersebut:

Sebuah website yang mendapat banyak klik dari hasil pencarian, mampu menaikan peringkat dari nomor 10 ke nomor 1. Dalam 2 setengah jam.

Konten berkualitas

Jika kita membahasa sebuah konten berkualiatas saya yakin anda semua sudah tahu maksud dari sebuah konten berkualitas. Yakni mempunyai tag sub-sub judul pada setiap artikel, panjang setiap kata dalam artikel, gambar dalam artikel dan lain sebagainya.

Konten berkualitas yang sangat berpengaruhi yaitu artikel yang tidak kopas. Artikel yang anda buat dengan racikan anda sendiri menurut saya artikel yang mempunyai kualitas baik ketimbang artikel hasil dari jiplakan. Buatlah sebuah artikel dengan bahasa Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Dengan demikian artikel anda mempunyai bahasa yang mudah dibaca bagi para pembaca.

Itulah artikel belajar Search Engine Optimization (SEO) secara lengkap dan mudah. Jika ada sesuatu yang ingin anda tambahkan atau ada pertanyaan silahkan anda berkomentar dibawah. Semoga artikel saya memberikan wawasan baru bagi kita semua dan bermanfaat bagi orang lain. Sekian dari saya sampai jumpa diartikel berikutnya.

2 comments:

Zinedine said...

Ada cara cari backlink yang mudah ga mas? Blog saya kayaknya butuh backlink

Admin said...

cari backlink berkualitas tidak mudah gan.. backlink mending sedikit tapi berasal dari situs berkualitas. biasanya krm emal ke owner situs tersebut gan

Post a Comment